Kupas Tuntas Pengobatan Tradisional

Kupas Tuntas Pengobatan Tradisional

Kupas Tuntas Pengobatan Tradisional 150 150 Bidang Perpustakaan

Pengobatan tradisional hadir sebagai salah satu jawaban atas kebutuhan perawatan kesehatan di era modern ini. Pengobatan tradisional terkenal minim efek samping, bisa dibuat sendiri, dan bersifat integral. Menangani penyakit bukan hanya untuk mematikan kuman atau bakteri penyebabnya saja, tetapi juga merontokkan sebab terjadinya penyakit, pemulihan organ yang sakit, dan mencegah terjadinya dampak dan kembalinya penyakit tersebut ke tubuh penderita.
Pengobatan tradisional Indonesia memang berasal dari Indonesia. Pengobatan herbal bahkan telah berkembang semenjak abad ke V Masehi. Zaman kerajaan Hindu dan Budha, pengobatan tradisional Indonesia memiliki peranan penting bagi pemenuhan kebutuhan kesehatan masyarakat. Kesuburan tanah Indonesia memungkinkan berbagai tanaman herbal berkembang pesat. Dari sanalah kemudia melakukan percobaan, trial and error, untuk memanfaatkannya sebagai obat.
Perkembangan pengobatan tradisional Indonesia semakin pesat saat banyak pedagang dari India, Cina, dan Timur Tengah memasuki wilayah ini. Mereka membawa budaya menulis, mulai dari mengajarkan tulisan di atas sebilah batu sampai berlembar-lembar daun lontar. Dengan adanya budaya menulis ini maka pengobatan tradisional Indonesia mulai tercatat dan bisa dipelajari dengan baik dan benar oleh keturunan selanjutnya.
Sisi lain dari pengobatan tradisional adalah efek samping, harga obat tradisional dapat terjangkau kalangan menengah ke bawah, terpercaya secara turun temurun.