Psikologi dan Agama

Psikologi dan Agama

Psikologi dan Agama 150 150 Bidang Perpustakaan

 

Sosok Carl G.Jung merupakan pakar psikologi yang amat penting dalam jagat psikoanalisis, selain Sigmund Freud dan Alfred Adler. Menyinggung khasanah pemikiran psikologi, termasuk korelasinya dengan agama, niscaya takkan bisa dilepaskan dari kiprahnya.

Jung mengatakan bahwa simbol-simbol religius yang mendasar ( arketip-arketip ) sudah secara otomatis terkandung dalam jiwa manusia. Semua manusia pada dasarnya mengandung” ketidak sadaran kolektif “perihal jagat spiritual, aketisme, dan religiusitas itu. Simbol-simbol macam bintang, matahari, air, hingga angka-angka, dalam kehidupan religius itu. Itulah sebabnya, secara sederhana, dapat disebutkan bahwa manusia adalah makhluk religius aslinya.

Dalam perjalanannya, simbol-simbol religius itu mengalami perkembangan yang berkait dengan khazanah antropologis setiap manusia. Agama, sebutlah demikian, secara otomatis tak terpisahkan dari struktur suatu budaya. Simbol-simbol mengejawantah secara koheren di dalamnya, bersatu padu antara agama dan budayanya.

Bagaimana dimensi psikolog manusia ini bekerja sekaligus mempengaruhi bentuk agama dan budayanya? bagaimana Jung bisa di kenal luas sebagai pemikir brilian dalam konstelasi tersebut?

Buku ini bisa anda nikmati di layanan perpustakaan kami. Perpustakaan vitamin sukses anda.

AYO KE PERPUSTAKAAN…..